Skip to main content

Agar Kartu Tak Diblokir, Segera Registrasi Ulang


Mulai hari Selasa, 31 OKtober 2017 hingga 28 Februari 2018, seluruh pengguna layanan seluler Indonesia diwajibkan registrasi ulang atau mendaftarkan kartu SIM-nya menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Keharusan registrasi pakai NIK dan Nomor KK ini adalah untuk alasan validasi data, yakni demi mencegah terorisme, kejahatan, menanggulangi hoaks, tumbuhkan perekonomian dan mengamankan transaksi non tunai.

Menurut rilis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, registrasi sebelumnya yang pernah dilakukan berbeda dengan registrasi kali ini, karena registrasi kali ini mensinkronisasi data pemilik kartu dengan NIK di Kementerian Dalam Negeri, yang bertujuan, pertama, untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh pelanggan pengguna jasa telekomunikasi dan memberikan perlindungan dari spam, sms yang tidak bertanggung jawab penipuan dan sebagainya.

Kedua, sebagai bentuk dukungan bagi warga negara yang telah memiliki KTP elektronik mendukung pemanfaatan National Single Identity Number (NSIN) atau Nomor Identitas Tunggal Nasional (NITN) yang nanti validitasnya bisa diperiksa ke Kementerian Dalam Negeri, dan ketiga, memberikan keabsahan data identitas yang jelas atas pengguna nomor kartu (sim card).

Cara registrasi ulang SIM Prabayar bagi pelanggan lama dan pelanggan baru cukup mudah. Anda hanya perlu mengirimkan SMS ke nomor operator kartu. Hanya saja Anda perlu menyertakan Nomor Induk Kependudukan (16 digit) atau Nomor KK, lalu mengirimkannya ke nomor 4444.

Ingat, KTP atau KK palsu tidak bisa digunakan untuk registrasi, karena database operator seluler tersambung ke Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil (Dukcapil), sehingga keaslian dokumen dapat langsung diverifikasi.

Semoga Bisa Membantu. (Disarikan dari berbagai sumber)

Comments

Popular posts from this blog

Korupsi, Ajian Waringin Sungsang dan Malih Rupa

Jika sempat menikmati hidup di tahun 1980 hingga 1990-an, di mana informasi diperoleh masih lebih banyak dari radio, terutama bagi mereka yang tinggal di pelosok dan pedalaman, pastilah tak asing dengan serial sandiwara radio "Saur Sepuh". Brama Kumbara adalah tokoh sentral dalam Saur Sepuh, memiliki dua ilmu kedigdayaan yang sangat populer, Ajian Serat Jiwa dan Lampah Lumpuh . Ajian Serat Jiwa memiliki sepuluh tingkatan, ajian yang bisa menghancurkan lawan hingga berkeping-keping, barangkali jika dianalogikan dengan konteks kedigdayaan modern, barangkali serupa dengan senjata api yang juga memiliki kecanggihan bertingkat dari pistol dengan kekuatan biasa hingga senjata canggih sejenis rudal atau bom atom. Sedangkan Lampah Lumpuh , adalah ilmu yang menghilangkan kekuatan, membuat musuh lumpuh dan merasa tak berguna, kecuali ia bertobat dan berjanji tak akan mengulangi kejahatannya lagi, mungkin dalam konteks kekinian ajian Lampah Lumpuh ini mirip rompi oranye

Perempuan Senja

Kehadiran Gadis itu begitu misterius. Ia tiba-tiba muncul di bibir pantai. Duduk mematung, memandang ke laut lepas dengan tatapan kosong. Tak satupun yang paham darimana ia berasal dan di mana ia menetap. Ia akan muncul ketika matahari tinggal sepenggalah, menatap ke ufuk Barat hingga matahari merayap lenyap ditelan gelap.

Orang Miskin Dalam Senandung Cinta Rumi

Konon, mencintai orang miskin dengan segala kekurangannya adalah cinta yang paling ikhlas, karena tak ada balas yang diharap. Berbeda ketika mencintai mereka yang berada dan berlimpah materi , bisa banyak udang di balik batu.