Widget HTML Atas

E-Book: Perempuan yang Dihapus Namanya

E-Book: Perempuan yang Dihapus Namanya, Avianti Armand, Omah1001.net
"..Perempuan tanpa kata-kata karena Tuhan telah menghapus bahasa dari bibirnya..” Sepenggalan kata dalam bab Perempuan yang Dihapus Namanya – kumpulan puisi Avianti Armand, pemenang Kusala Sastra Khatulistiwa 2011 ini, seakan menandakan bahwa Tuhan menjadi seorang yang pencemburu, iri dan marah hingga menghapus nama perempuan itu dalam kitab.

Ada nama Hawa, Tamar, Batsyeba dan Jezebel yang berusaha dihilangkan dalam kitab perjanjian lama. Membaca kumpulan puisi Avianti yang juga seorang arsitek ini membuat kita masuk dalam labiran mini fiksi dengan puisi naratif. Avianti berusaha untuk menafsirkan dan merekontruksi sendiri dalam kata-katanya.

Pembacaan ulang Avianti dalam menguak peran gender di buku kumpulan puisi dalam sejarah kitab suci akan berbanding terbalik di negeri ini. Kuatnya fundamentalisme agama dan politik indentitas akan jadi bumerang, tapi jika dipandang sebagai sebuah karya sastra akan menjadi penyegaran khasanah sastra kita. Karya Avianti ini cukup untuk dinikmati tanpa melakukan penggeseran sosial-budaya-agama-politik di dalamnya

Silahkan download Perempuan yang Dihapus Namanya.
Rahmatul Ummah
Rahmatul Ummah Penikmat jagung dan singkong rebus. Menganggap hobi menulis sebagai pekerjaan. Jika tidak darurat, hanya bisa diajak 'ngobrol' di malam hari. Editor serabutan di beberapa penerbit lokal, Pusaka Media, Sai Wawai Publishing dan Aura Publishing.