E-Book: Keluarga Suci


E-Book: Keluarga Suci

Humanisme Sejati di Jerman tidak mempunyai musuh yang lebih berbahaya daripada spiritualisme atau idealisme spekulatif yang menggantikan kesadaran diri atau roh untuk manusia individual yang sesungguhnya dan bersama sang pengabar Injil bahwa roh menggerakan segala dan bahwa daging tidak diuntungkan. 



Tak-pelak lagi, roh tak berdaging ini hanya spiritual dalam imajinasinya. Yang kita perangi dalam kritik Bauer adalah spekulasi yang mereproduksi dirinya sendiri sebagai suatu karikatur. Kita melihatnya sebagai pernyataan yang paling lengkap dari azas Kristiani-Jermanik yang, pada instansi akhir, mengubah kritik itu sendiri menjadi suatu kekuatan transenden.

Begitulah paragraf pertama pengantar yang ditulis oleh Frederick Engels dan Karl Marx pada tahun 1884, dalam buki Keluarga Suci dengan judul asli The Holy Family  ini. Pengantar yang mewakili pemikiran mereka tentang ide materialisme dan respon mereka terhadap agama atau spiritualitas, walaupun dalam klaim buku ini hanya sebagai respon atas kritik Bruno Bauer yang membahas Allgemeine Literature Zeitung, puncak kejayaan spiritualitas Jerman.

Buku ini sangat menarik dibaca dan dikaji oleh para pecinta pengetahuan dan filsafat. Silahkan unduh dan baca di sini.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post