Buku PDF: Keluar dari Ekstremisme



Buku Keluar dari Ekstremisme: Delapan Kisah 'Hijrah' dari Kekerasan Menuju Binadamai, berisi kisah orang-orang yang sudah hijrah dari ekstremisme dan kini bekerja dalam rangka binadamai. Mereka mencakup mantan tentara anak di Maluku, mantan teroris-jihadis di Poso, pembangun rekonsiliasi antara pihak-pihak yang berseberangan terkait peristiwa 1965 di Jawa dan Nusa Tenggara Timur, dan mantan korban/pelaku konflik kekerasan di Ambon dan Aceh.

Ihsan Ali-Fauzi dari Pusat Studi Agama dan Demokrasi Yayasan Paramadina yang juga menjadi penyunting sekaligus salah satu penulis dalam mengatakan, buku 'Keluar dari Ekstremisme' menulis delapan kisah yang dapat diambil pelajaran bagaimana para ekstremisme sudah tidak mau lagi atau berhenti menjadi radikal atau teroris.

"Kampanye kontraradikalisme atau kontraekstremisme akan berlangsung lebih efektif jika hal itu dilakukan dengan memperlihatkan teladan orang-orang yang sudah keluar dari ekstremisme, apalagi jika hal ini dilakukan melalui sarana audio-visual, yang akan jauh lebih menyentuh," kata Ihsan.

Buku ini tergolong beda, karena biasanya buku atau riset yang dilakukan menganai ihwal bagaimana orang menjadi ekstremis (radikal, bahkan teroris) di Indonesia, tapi masih sangat jarang riset dibuat mengenai proses sebaliknya: mengapa dan bagaimana orang berhenti dari menjadi ekstremis. Proses inilah yang kadang disebut “transformasi personal”, atau “hijrah” dari kekerasan (ekstremis) menuju binadamai.

Buku ini mengajak kita untuk belajar dari mereka yang tidak lagi atau berhenti menjadi radikal/teroris. Selain itu, mereka yang terlibat dalam penulisan buku ini mengetahui faktor-faktor yang membuat orang keluar dari ekstremisme, sehingga akan membantu kita dalam memfasilitasi lebih jauh atau mendorong lebih banyak orang melakukan hal yang sama.

Akhirnya, kampanye kontraradikalisme atau kontraekstremisme akan berlangsung lebih efektif jika hal itu dilakukan dengan memperlihatkan teladan orang-orang yang sudah keluar darinya – apalagi jika hal ini dilakukan melalui sarana audio-visual, yang akan jauh lebih menyentuh.

Silahkan download Buku Pdf-nya DI SINI.



0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post