E-Book: Dari Kolonialisme hingga Feodalisme ke Kapitalisme



Munculnya kapitalisme di Indonesia harus dirunut dari kondisi-kondisi yang memungkinkan kelahirannya. Ia tidak mesti mengikuti alur dari kesejarahan yang terjadi di Eropa atau Amerika. Lebih-lebih, tidak mesti posisinya menempati spektrum subordinat dari kapitalisme global. Kapitalisme Indonesia yang memiliki akar kolonial, mewujud seturut dengan faktor kesejarahan yang melingkupinya.



Secara umum, bentuk-bentuk revolusi kapitalis dikondisikan oleh: karakter pra-kolonial masyarakatnya, pengaruh kolonialisme terhadap masyarakat dan ekonomi, pembentukan dan perpecahan kelas-kelas di bawah pemerintahan kolonial, karakter konflik politik pasca kemerdekaan, posisinya dalam ekonomi internasional dan corak pemanfaatan sumber daya alamnya.

Berikut kami bagikan dua buku tipis, Serdadu Belanda di Indonesia dan Transisi dari Feodalisme ke Kapitalisme, silahkan di unduh untuk menemani akhir pekan Anda.



2/Post a Comment/Comments

  1. Klik aja paragraf terakhir yang tebal dan berwarna hijau, nanti akan diarahkan langsung ke google drive, di google drive biasanya langsung ada petunjuk downlod sebelah pojok kanan atas. Trimksh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post